Mengenal Kodok Biru-Merah Beracun

Terkirim 2 tahun yang lalu di Pendidikan.

Kodok Biru-Merah atau dikenal pula sebagai Blue Jeans Frog ini sebenarnya berukuran kecil, namun sangat beracun. Kodok ini suka hidup di daerah lembab dan basah. Kodok ini merupakan predator yang membahayakan. Namun hanya dapat bertahan hidup sekitar 5 tahun.

Mengenal Kodok Biru-Merah Beracun

Kodok Biru-Merah atau dikenal pula sebagai Blue Jeans Frog ini sebenarnya berukuran kecil, hanya sekitar 1,5 cm x 2,4 cm namun sangat beracun dan banyak hidup di daerah Kostarika. Disebut Blue Jeans karena walau badannya berwarna merah tapi kakinya berwarna biru. Racun kodok ini digunakan oleh suku-suku setempat untuk dioleskan ke ujung anak panah mereka untuk berburu membunuh mangsa buruan.

Kodok Biru-Merah karya Judd Patterson

Blue Jeans Frog atau Kodok Biru Merah suka di hidup yang lembab, di jenis hutan basah. Habitatnya bertelur sepanjang tahun. Meskipun bertubuh kecil, kodok pejantan dari spesies ini sangatlah agresif dalam melindungi daerah teritorialnya.

Pada siang hari, pejantan bertengger di batu, pohon, atau batang pohon yang roboh. Kodok jantan suka mengeluarkan suara tertentu untuk menarik kodok betina untuk kawin. Suara ini juga berarti peringatan keras bagi kodok jantan lainnya agar tidak masuk ke daerah perkawinannya. Jika ada kodok jantan lain yang bersikeras untuk masuk, maka pertarungan pun terjadi yang berlangsung hingga 20 menit hingga salah satu pejantan yang kalah akan pergi meninggalkan daerah perkawinan tersebut.

Proses perkawinan kodok ini banyak menarik para turis dan tentunya peneliti. Kodok pejantan membawa kodok betina ke tempat mereka akan menaruh telur-telurnya seperti pada daun yang melengkung. Dan uniknya, proses perkawinan tidak seperti kodok pada umumnya. Pejantan menaiki punggung betina, namun mereka saling berhadap-hadapan. Betina mengeluarkan 3-4 ekor telur dan sang pejantan pun membuahinya.

Kodok ini dikenal pula sebagai predator yang membahayakan dengan melakukan tipuan wana cerahnya untuk memangsa lawan. Racun berbahayanya bisa sangat mematikan manusia. Bahkan, racun dari satu individu bisa membunuh dua puluh ribu tikus atau sepuluh manusia dewasa. Namun demikian, kodok ini hanya dapat bertahan hidup sekitar 5 tahun.

Informasi tambahan, seorang fotografer bernama Serrano pernah mengambil foto kodok ini dan mendapatkan penghargaan dalam ajang France's Nature Images Award dan The Memorial Maria Lusia Contest & LUX Award.

Foto Kodok Biru Merah karya Serrano

Berikut liputan terkait Kodok Biru-Merah beracun:

Tag: Kodok, Biru, Merah, Beracun,
779 Lihat

Tinggal di Indonesia